Babinsa 0811-Parengan Ikuti Simulasi Penanggulangan Kebakaran

Babinsa 0811-Parengan Ikuti Simulasi Penanggulangan Kebakaran
simulasi penanggulangan kebakaran yang melibatkan Babinsa Serda Kahar dan Babin kamtibmas pada hari Rabu tanggal 29/11/17.(Foto/penrem)

TUBAN, (PAB)--Dalam upaya keselamatan pasien (pasien savety) Puskesmas Parengan menyelenggarakan simulasi penanggulangan kebakaran yang melibatkan Babinsa Serda Kahar dan Babin kamtibmas pada hari Rabu tanggal 29/11/17  Kegiatan yang bekerja sama dengan UPT Pemadam Kekakaran Wilayah Tuban ini berjalan dengan Lancar dan tidak menimbulkan kepanikan bagi pasien dan keluarga karena sebelumnya sudah ada sosialisasi.

 

Adanya kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui  dan mengukur seberapa cepat tanggap Puskesmas Parengan dalam menghadapi bencana kebakaran tutur Dr. prih untari  selaku Kepala Puskesmas parengan juga menghitung waktu respon mobil damkar menuju ke Puskesmas parengan.

Dalam jeda waktu tunggu, Tim Puskesmas Parengan berupaya untuk bisa memadamkan api yang diharapkan  dapat meminimalkan kerugian baik material maupun non material, meminimalkan korban jiwa dan yang diharapkan tidak ada  korban satupun”.

Simulasi Kebakaran yang terjadi dimulai dari ruang Apotek, kemudian kepala Ruang menghubungi bagian informasi dan ketua TIM K3. Selanjutnya dilakukan evakuasi  oleh TIM K3  Puskesmas Parengan dengan menyelamatkan dan memindahkan pasien, dokumen-dokumen dan sarana kesehatan ke tempat yang aman. Tim K3 bersama seluruh karyawan berupaya memadamkan api dan kewalahan sehingga menghubungi  Pemadam Kebakaran 0356321016. Setelah Mobil datang dan terjalin kerja sama yang baik dengan Tim Puskesmas sehingga kebakaran dapat di padamkan tanpa ada korban.

Sementara Kepala UPT Pemadam Kebakaran BPBD  Tuban, Kasi pencegahan Masduki menyampaikan sangat pentingnya kegiatan ini, Karena Puskesmas berfokus pada pelayanan pasien maka faktor keselamatan sangat di utamakan.  “Peningkatan ketrampilan kepada karyawan-karyawati khususnya untuk masalah penanganan kebakaran secara dini sehingga siap apabila terjadi musibah, minimal sudah siap untuk penanggulangan bencana.

 

Untuk tim yang di turunkan dalam simulasi, adalah tim evakuasi dan penanganan kebakaran, seolah-olah tim Puskesmas kewalahan dan memanggil Damkar Kabupaten Tuban. Harapan  berikutnya untuk selalu ditingkatkan, karena kebakaran tidak tahu, kapan saja dimana saja. dan mudah-mudahan tidak terjadi di Puskesmas Parengan. Jika terjadi kebakaran silahkan menghubungi call center kebakaran di nomer 0356321061 dan  Gratis, Pungkasnya.

Tanggapan Peserta kegiatan simulasi  sangat  antusias. “mereka mendapatkan ilmu dan ketrampilan tentang penggunaan alat pemadam kebakaran ringan (ampar) dan dalam menangani kebakaran tidak perlu panik namun harus sigap, cepat dan mengutamakan keamanan. (Rosen/Penrem 082/CPYJ ).

 

Berita Lainnya

Index